Langsung ke konten utama

Menjalankan Kuliah Online dengan Nyaman, Siapa takut?

 

Halo semuanya, apa kabar? Semoga baik yaa J

Gimana kuliah dan sekolah online nya? Hmm pasti rasanya beraneka ragam yaa. Ada yang senang, sedih, capek, dll. Kalo Saya pribadi sejujurnya merasa enjoy dengan sistem kuliah daring. Sekitar satu setengah semester perkuliahan Saya dilakukan secara daring. Pembelajaran yang awalnya tatap muka sekarang dilakukan melalui media video conference seperti zoom atau google meet. Begitu pun tugas-tugas sekarang dapat diakses melalui google classroom, edmodo, dan juga aplikasi milik UB sendiri yaitu vlm2ub. Mungkin awalnya terasa tidak mudah menjalani perkuliahan secara online, mengingat sebelumnya di Indonesia sendiri belum pernah dilakukan metode belajar semacam ini dalam kurun waktu yang lama. Mau tidak mau para pelajar, mahasiswa, dan dosen harus dapat menguasai beberapa aplikasi yang diperlukan dalam pembelajaran online ini.


Dalam menjalani pembelajaran online, bagi Saya lebih menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu melakukan perjalanan berangkat ke kampus. Selain itu, selama pembelajaran online banyak para mahasiswa yang pulang ke kampung halamannya dan melakukan pembelajaran dari rumah. Tentu hal tersebut sangat langka bagi mahasiswa yang merantau. Hal tersebut juga menjadi kebahagiaan tersendiri karena bisa berkumpul dengan keluarga di rumah sambil menjalankan perkuliahan. Pembelajaran dan aktivitas secara daring atau online menjadi sangat menyenangkan dan tidak membosankan.



Pembelajaran via online hanya membutuhkan kuota internet dan sinyal yang bagus agar perkuliahan berjalan dengan lancar. Selama menjalani perkuliahan online, Saya telah mencoba berbagai provider yang ada di Indonesia. Namun pilihan yang memuaskan jatuh kepada Smartfren. Saya menggunakan Smartfren untuk kegiatan daring karena sinyalnya bagus di daerah Saya, mengingat beberapa provider sinyalnya tidak muncul ketika digunakan di daerah rumah Saya. Selain sinyalnya yang bagus, paket internet yang disediakan pun juga dengan harga yang terjangkau sehingga tidak menguras kantong selama perkuliahan daring berlangsung. Jadi, temen-temen yang lagi cari paket internet bagus dan terjangkau, bisa banget tuh coba pakai paket internet dari Smartfren J

Ngomong-ngomong soal pembelajaran via daring, udah denger belum kalau pembelajaran tahun 2021 kemungkinan akan dilakukan via luring atau offline?. Mungkin kita sedikit ragu dan kawatir yaa dalam menjalankan pembelajaran via luring atau offline. Tapi kita bisa mencegah penyebaran virus Covid-19 saat pembelajaran offline 2021 dengan menerapkan 3M. Apa itu 3M?

Gerakan 3M merupakan suatu gerakan pencanangan penerapan protokol kesehatan bagi seluruh masyarakat. Gerakan 3M terdiri atas :

1.     Memakai Masker

Memakai masker merupakan upaya yang dirasa paling efektif dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Dilansir dari tirto.id, masker dapat menekan angka penyebaran Covid-19 hingga 70 persen. Namun harus selalu diingat bahwa masker yang digunakan adalah masker yang sesuai dengan standar kesehatan WHO atau yang memenuhi SNI yaa!

2.      Mencuci Tangan

Mencuci tangan dapat menekan angka penyebaran Covid-19 sebesar 35 persen. Namun mencuci tangan yang dimaksud disini bukanlah asal membasahi tangan dengan air, melainkan dengan mencuci dan menggosok tangan dengan sabun selama 20-30 detik , mulai dari telapak tangan hingga sela-sela jari. Mencuci tangan perlu dilakukan setelah kita pergi keluar rumah, saat akan makan, atau setelah memegang benda yang juga disentuh oleh banyak orang sehingga tangan kita tetap bersih dan higienis.

3.      Menjaga Jarak

Menjaga jarak yang dimaksud adalah menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter dimanapun kita berada. Selain itu, kita juga perlu menghindari kerumunan dan tidak keluar rumah jika tidak dalam keadaan mendesak. Apabila kita menerapkan aturan social distancing atau jaga jarak, maka kita dapat menekan angka pencegahan Covid-19 hingga 85 persen.

Nah, dengan menerapkan gerakan 3M tersebut kita tetap bisa melakukan kuliah atau pembelajaran offline namun dengan sangat berhati-hati agar tidak menyebabkan peluang tertularnya virus Covid-19. Bukan hanya untuk pembelaran via offline saja, gerakan 3M harus diterapkan dalam berbagai kegiatan di luar rumah atau dimanapun ketika bertemu dengan orang lain. Jangan lupa menerapkan gerakan 3M yaa! J Selain itu juga alangkah lebih baik jika diimbangi dengan asupan makanan yang bergizi, meminum vitamin, dan olahraga secara teratur agar imunitas tubuh meningkat atau tidak menurun. Mari kita optimis menjalankan tahun 2021 dengan hidup sehat dan disiplin! J

Komentar

  1. Types of Baccarat (for Beginners) - The Thrill of a Baccarat
    There are three basic ways to play baccarat: A straight and a five-card draw. A five-card draw has two teams, and 바카라 사이트 유니 88 a six-card draw has three.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lets Talk About : Body Positivity

Pernah ga sih kalian lagi scroll instagram terus lihat orang-orang atau selebgram kesukaan kalian kelihatannya pada cakep-cakep gitu? Pasti pernah dong ya. Apalagi beberapa tahun belakangan ini banyak banget selebgram bermunculan. Bahkan semua orang sekarang pada berlomba-lomba untuk jadi selebgram juga (?). Tapi aku lebih tertarik membahas tentang “penampilan” para selebgram ini yang terlihat sempurna. Sehingga kebanyakan orang menyalah artikan kalau “oh berarti aku harus cakep dong biar dikenal banyak orang”, “ oke berarti aku harus cantik biar disukai banyak orang”. Dan, yang mikir kayak gitu ga cuman satu atau dua orang. Bayangin kalo semua jumlah followers para selebgram mikirnya kayak gitu. Akhirnya semua orang pada melakukan ini itu agar mereka terlihat lebih menarik secara fisik. Apalagi sekarang selain skincare dan make up, mulai ada nih prosedur-prosedur kecantikan yang bisa memperbaiki bentuk badan yang dirasa kurang tanpa perlu operasi plastik. Misalnya nih filler